Wednesday, June 23, 2010

(54) KISAH PARA WALI-MANSUR AL-HALLAJ DI SALIB

Jun 23, 2010 3:19 pm Post subject: Kisah Para Wali - Mansur Al-Hallaj



MUNGKIN ada di antara kita yang masih tertanya-tanya : "Kalau begitu mengapa pula Al-Hallaj telah dijatuhkan hukuman mati???
Barangsiapa mengenal sejarah Islam, pasti mengenal kata-kata "Ana Al-Haq". Kata-kata ini sendiri, sebenarnya sudah menggoda keawaman, apalagi kesolehan seorang Muslim.
Terlebih lagi ketika ia terkait pada riwayat dan kisah-kisah Mansur Al-Hallaj seorang Sufi besar.
Pada abad ke-14 ahli Sufi terkenal Al-Hallaj, iaitu Abu al-Mughith al-Husain ibn Mansur al-Hallaj, lahir pada 858 Masihi di Tur, Iran dan meninggal dunia (mati dipancung) di tiang gantungan pada 26 Mac 922 di Baghdad, di tepi sungai Euphrat, tempat mengalir bukan hanya sebahagian peradaban Islam, tetapi juga sebahagian peradaban dunia kita ini. Dibunuh kerana dituduh murtad dan kafir.
Dia pada mulanya mendapat pengiktirafan daripada Ulama' sezamannya. Ini kerana beliau seorang pengibadat yang sangat handal. Beliau seorang yang kuat sembahyang (solat) dan sentiasa berpuasa setiap masa.
Tetapi apabila beliau mendakwa bahawa dirinya adalah hak, beliau dipandang serong dan kafir oleh beberapa ramai Ulama'.
Beliau berkata : "Saya adalah Haq", di mana di dalam bahasa Arab disebut "Ana Al-Haq" atau disebut dalam bahasa Inggeris "I am the truth". Ungkapan itu ditafsirkan bahawa beliau menganggap zat Allah berada dalam diri.
Dengan berfalsafah sebegitu rupa, Al-Hallaj dipenjara dan disebat. Beliau kemudian disalib selepas dipotong tangan dan kakinya. Malah mayat beliau dibakar dan abunya dihanyutkan ke sungai Dajlah. Sedang kepalanya dibawa ke Khurasan untuk selanjutnya dipersaksikan oleh ummat, Islam dan sejarahnya.

Begitulah kekuasaan, masa itu, dinasti Abbasiah memuas dirinya dengan kematian Mansur Al-Hallaj.

Seorang lagi Sufi besar iaitu Syeikh Al-Syibli berkata bahawa meskipun beliau sendiri dan Abu al-Mughith al-Husain mengeluarkan kata-kata yang sama (Ana Al-Haq), tetapi beliau dibiarkan begitu sahaja kerana orang menyangkanya gila, tetapi Abu al-Mughith al-Husain disalib kerana orang menganggap dia bukan gila dan bijak pula.
Mansur Al-Hallaj, menerima pendidikan dan asuhan pertamanya daripada 'Alim Sahal Ibn 'Abdullah seorang Sufi besar yang terkenal.
Sesudah menguasai berbagai cabang pengajaran, yang religius dan intelektual, ia mengembalikan perhatiannya kepada Sufisme. Di sinilah ia menerima pengolahan rohaniah Syeikh Abul Hussain Al-Nuri, Syeikh Junaid Al-Baghdadi dan Syeikh Umar Ibn Uthman.
Dan adalah dari gurunya yang terakhir, Al-Hallaj yang tersohor itu menerima suatu alamat yang semakin berkembang sedemikian kuat dalam dirinya, sehingga ia mulai dengan gelap mata mengucapkan hal-hal yang memperkosa perintah-perintah syariat. Gurunya telah beberapa kali melarang Al-Hallaj mengucap ucapan-ucapan yang bertentangan dengan syariat itu, tetapi sia-sia; sehingga Al-Hallaj akhirnya diperintahkan meninggalkan perguruannya itu.
Begitulah Al-Hallaj meninggalkan Basra dan kembali ke Baghdad, masuk kembali ke perguruan (khanqah) Syeikh Junaid Al-Baghdadi. Tetapi juga di sini Al-Hallaj mulai lagi mengucapkan ucapan-ucapannya yang mengungkapkan rahsia Ketuhanan walaupun ia telah dilarang gurunya.
Pada suatu hari Syeikh Junaid berkata,
"Hei, Mansur, tidak lama lagi, suatu titik dari sebilah papan akan diwarnai oleh darahmu!"
"Benar", kata Al-Hallaj, "Tetapi dalam hal yang demikian, engkau juga akan melemparkan pakaian Kesufianmu dan mengenakan pakaian Maulwi - Ana Al-Haq". Kedua ramalan itu secara harafiah menjadi kenyataan.
Pada suatu hari Al-Hallaj benar-benar dirangsang oleh api cinta Ilahiahnya dan ia kembali meneriakkan "Ana Al-Haq". Dan begitulah ia terus, sering tanpa henti. Gurunya, Syeikh Junaid dan teman-temannya seperti Syeikh Al-Syibli dan lain-lainnya menasihati Al-Hallaj agar menahan hati, namun tetap tidak mempan. Al-Hallaj terus saja dengan seruan-seruannya "Ana Al-Haq" pada waktu-waktu istirehat. Lalu bangkitlah kaum Ulama' syariat melawan Al-Hallaj dengan mendapat dukungan dari Hamid Ibn Abbas, Perdana Menteri (PM) wilayah Baghdad dan akhirnya malah mengeluarkan "Fatwa Kufur", menyatakan bahawa Al-Hallaj secara hukum dapat dihukum mati.
Ketika keadaan yang sebenarnya itu akhirnya diajukan untuk mendapat persetujuan Khalifah Muqtadir-Billah, beliau menolak memberikan persetujuannya. Kecuali, kalau Fatwa itu ditandatangani oleh Syeikh Junaid Al-Baghdadi. Fatwa itu kemudiannya enam kali dikirim kepada Syeikh Junaid, tetapi kembali tanpa tandatangannya. Khalifah, untuk ke tujuh kalinya mengirimkan Fatwa itu disertai permintaan khusus agar ia menjawab "ya" atau "tidak". Menghadapi hal itu, guru yang besar itu membuang pakaian Kesufiannya, dan mengenakan jubah ke-Ulama'-annya ia menulis pada surat jawabannya :

"Menurut hukum syariat, Al-Hallaj dapat dijatuhi hukuman mati; tetapi menurut ajaran-ajaran rahsia kebenaran, Tuhan adalah maha tahu!".


[Irshadat : Syeikh Muhammad Ibrahim, Iran - Mempunyai nama jolokan, "Gazur-i-Ilahi" (the washerman of God - tukang cuci Tuhan)]

Diceritakan bahawa Al-Hallaj sebelum disalib, beliau bersembahyang (solat) dan berdoa dengan berkata :
"Mereka adalah hamba yang berhimpun, sangat dahaga untuk membunuh ku kerana agama Kau, dan untuk mendapatkan keredaan Kau, maka ampunkan mereka wahai Tuhan ku, dan memberi rahmat kepada mereka, kerana jika Kau membuka kepada mereka seperti Kau membuka kepada ku, mereka tidak akan melakukan seperti yang mereka sedang lakukan sekarang, dan jika Kau tutup pada ku seperti Kau tutup pada mereka, aku tidak akan menghadapi malapetaka ini, baiklah apa

yang Kau lakukan dan baiklah apa yang Kau mahukan."
Begitulah berakhirnya hidup Al-Hallaj dan beberapa Ulama' dan ahli Sufi lain yang hidup dalam abad ke-8 sehingga ke abad ke-14.
Tentang kes Al-Hallaj ini bukanlah menjadi rahsia lagi. Kisahnya telah diketahui umum. Ia mempunyai kekuatan dan daya tarikan yang menjadi tumpuan orang ramai di mana-mana ia berada. Seperti ahli-ahli Sufi yang lain beliau mengasihi keluarga Rasulullah SAW. Pada ketika itu keluarga Rasulullah SAW, bercita-cita untuk mengambil semula kuasa pemerintahan. Golongan Bani Abbas sudah pasti tidak merasa senang terhadap setiap tokoh seperti yang ada pada Al-Hallaj yang memberi sokongan dan simpati sepenuhnya kepada keluarga Rasulullah SAW. Oleh kerana di'ayah beliau begitu kuat tersebar luas, maka demi untuk menjaga "keamanan atau keselamatan negara" seperti yang selalunya dijadikan alasan oleh setiap yang tamakkan kuasa pastilah diambil tindakan segera.
Ramai Ulama' dituduh murtad apabila tidak sehaluan!


Kes Al-Hallaj yang menerima hukuman bunuh bukan sekali-kali bersebabkan kerana isu agama tetapi semata-mata kerana politik. Memang menjadi perkara yang amat mudah bagi pihak yang berkuasa secara kuku besi untuk memutarbelitkan kenyataan dan kedudukan kes yang sebenar, membawakannya ke muka pengadilan, serta membuktikannya dengan sebilangan besar para saksi dusta, bahkan boleh mempengaruhi dengan wang dan kedudukan untuk mencapai kehendak nafsunya. Demikianlah kes Al-Hallaj. Tidak ada kaitan pun dengan masalah agama, walaupun telah cuba dikatkannya. Semua kata-kata dan pendapatnya tidak ada dalam buku-buku atau kitab-kitab hasil dari tulisan tangan dan catitan penanya, dan setengah daripada kitabnya yang masih ada tidak menyokong dakwaan musuh-musuhnya.
Menurut neraca logik yang benar seorang jurubina tidak layak untuk memberi fatwa dalam bidang kajian perubatan atau ketabiban. Demikian juga seorang sasterawan dengan kesasterawannya tidak layak untuk memberikan fatwa dalam bidang senibina. Maka adilnya, tidaklah begitu mudah untuk membuat putusan hukum ke atas orang-orang seperti Ibnul 'Arabi, Al-Hallaj, Ibnu al-Farid, Hamzah Fansuri, Syeikh Sitijenar, kalau orang-orang itu bukan dari ahli yang setaraf dengan mereka.
Pernah dikatakan kepada seorang dari para guru yang soleh lagi dihormati bahawa : Si polan telah mengkritik Ibnul 'Arabi dalam sebuah majalah. Beliau mengatakan apakah layak seekor lipas untuk menilai amalan seekor singa? Memang ia tidak layak untuk menilai bahkan untuk memperkatakannya, kerana logik yang menjadi ukurannya adalah logik lipas.
Imam Al-Sya'rani sendiri menegaskan tentang kedudukan orang-orang yang memusihi Ibnul 'Arabi bahawa penilaian dan hukuman mereka adalah penilaian dan hukuman nyamuk yang cuba menghembus gunung dengan tujuan untuk meruntuhkannya. Yang lenyap dibawa angin ialah si nyamuk walau bagaimana banyaknya, si nyamuk itu sedangkan gunung akan tetap kukuh di tempatnya yang menjadi pengimbang putaran dunia ini.
Pendapat yang benar dan penuh insaf ialah pendapat Imam Al-Sya'rani tentang kedudukan ahli Sufi umumnya dan Ibnul 'Arabi khususnya :
"Demi umurku! Penyembah-penyembah berhala tidak berani untuk menjadikan Tuhan-Tuhan berhalanya itulah sebagai Zat Allah, sebaliknya mereka hanya mengatakan : "Kami tidak menyembahnya hanyalah semata-mata untuk menjadi perantaraan yang boleh memperdekatkan kami kepada Allah." Betapa pula Tasauf ialah akhlak. Sesiapa yang semakin bertambah akhlak bererti semakin bertambah kejernihan hatinya. Semoga Allah meredhoi mereka sekalian."
Biarlah kita sampai atau hampir sampai dahulu ke tarafnya, maka baharulah kita memberikan hukum. Maka hukuman kita itu nanti tidak akan berbeza dari hukuman para " Ulama'" salaf.
Di bawah ini saya sertakan petikan ucapan-ucapan Al-Hallaj yang melampaui (unnatural) daripada pemikiran manusia biasa.


Mansur al-Hallaj : Sayings

"ana'l-Haqq - I am the Truth."

(this is the saying which apparently earned al-Hallaj his martyrdom - al Haqq also means God)


Which means :

"Ana Al-Haqq - Aku adalah Kebenaran."

(ini adalah pengucapan yang menyebabkan al-Hallaj dihukum bunuh - al Haqq juga bermaksud Tuhan)


* "You know and are not known; You see and are not seen."

Which means :

"Kau tahu dan Kau tidak diketahui; Kau lihat dan Kau tidak dilihat."


* "Your spirit mixed with my Spirit little, by turns, through reunions and

abandons. And now I am Yourself, Your existence is my own, and it is also my will."


Which means :

"Semangat Engkau bercampur dengan semangat ku sedikit demi sedikit oleh pusingan (peredaran), melalui penyatuan semula dan perpisahan (tanpa rasa takut) dan kini aku adalah diri Mu, kebenaran Mu adalah aku sendiri dan ianya juga adalah kehendak ku (keupayaan).

* "I find it strange that the divine whole can be borne by my little human part, Yet due to my little part's burden, the earth cannot sustain me."
Which means :

"Aku mendapati suatu keganjilan yang seluruh kecintaan, boleh dilahirkan oleh tubuh ku yang kecil, sehinggakan disebabkan oleh bebanan yang kecil, bumi tidak dapat menanggung ku."

* "I have seen my Lord with the eye of my heart, and I said : "Who are You?" He said : "You.""

Which means :

"Aku telah melihat Tuhan ku dengan mata hati, dan aku berkata : "Siapa Kau?" Dia berkata : "Engkau.""

* "I do not cease swimming in the seas of love, rising with the wave, then descending; now the wave sustains me, and then I sink beneath it; love bears me away where there is no longer any shore."
Which means :

"Aku tidak berhenti berenang dalam lautan cinta, timbul bersama gelombang, kemudian turun ke bawah (go down). Kini gelombang menetapkan (support/maintain) aku, dan kemudian aku tenggelam dibawahnya. Cinta membawa aku pergi di mana tidak ada lagi pantai."
Kata-kata yang cukup simbolik dan "mencarik adat", serta di luar daripada pemikiran waras manusia biasa. Dengan penzahiran kata-kata sebegini jugalah beliau dituduh murtad dan kafir bagi mereka-mereka yang tidak sehaluan dengan fahaman dan aliran Sufismanya yang penuh dengan mistik tradisional.
Bagi saya ucapan-ucapan beliau ini "is not tangible", iaitu sesuatu yang tidak dapat dirasai oleh sentuhan. Tetapi ianya bukanlah khayalan dan terbukti kebenaran!
Saya juga tertarik dengan ulasan Syeikh Fariduddin 'Attar seorang ahli Sufi dari Iran, pengarang kitab Tazkiratul-Auliya', berkenaan dengan Al-Hallaj katanya :
"Alangkah sedihnya seorang Sufi yang agung ini (Al-Hallaj) tidak difahami oleh orang-orang sezamannya. Anda boleh hormati pokok jika ia berkata "Ana Al-Haq" (Akulah Yang Benar), tetapi kenapa seorang manusia yang menucapkan kata-kata itu disalib pula. Anda patutlah tahu bahawa perkataan seperti itu adalah diucapkan oleh orang-orang Sufi yang agung yang dalam keadaan "dzauk" (mabuk) Allah atau fana' diri, dan mereka berucap seperti itu melalui Allah. Atau dengan lain perkataan, Allah yang bercakap melalui lidah-lidah mereka. Diri mereka itu telah "mati"."
AKHIR sekali, kita boleh bertanya sekarang. Ada apa makna Mansur Al-Hallaj dengan "Ana Al-Haq" itu sampai naik ke tiang gantungan? Kekuatan apa gerangan yang telah menggebu Mansur Al-Hallaj? Kepentingan apa pula yang telah bermain sehingga pemerintah akhirnya membawa seorang Sufi sebesar itu ke tiang gantungan dan membakar mayatnya supaya ia pupus?

Jawapan terhadap pertanyaan tersebut, pertama-tama mungkin lebih bersifat sejarah, ketimbang yang lainnya. Tetapi tidakkah sejarah itu juga lautan Iman, ilmu dan hari depan?
Husain ibn Mansur al-Hallaj menjadi salah satu sufi paling terkenal dikarenakan ucapannya yang mengatakan “Ana AlHaq” (Akulah Kebenaran). Sebuah ucapan yang kemudian membuatnya dieksekusi di tiang gantungan. Bagi para ulama ortodoks, kemauan ini dijustifikasi dengan alasan bid’ah, sebab Islam eksoteris tidak menerima pandangan bahwa seorang manusia bisa bersatu dengan Allah dan karena Kebenaran (Al-Haqq) adalah salah satu nama Allah, maka ini berarti al-Hallaj menyatakan ketuhanannya sendiri.
Kaum sufi sezaman dengan al-Hallaj juga terkejut oleh pemyataannya, karena mereka yakin bahwa seorang sufi semestinya tidak boleh mengungkapkan segenap pengalaman batiniahnya kepada orang lain. Mereka berpandangan bahwa al Hallaj tidak mampu menyembunyikan berbagai misteri atau rahasia Illahi dan eksekusi atas dirinya adalah akibat dari kemurkaan Allah lantaran ia telah mengungkapkan segenap kerahasiaan tersebut.
Oleh karena pandangan-pandangannya tentang agama yang dinilai menyimpang, atas perintah Khalifah pada 923 M, al-Hallaj akhimya ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara. Berbagai keanehan terjadi bahkan sejak ia mulai dimasukkan ke dalam penjara.
Pada malam pertama sewaktu ia dipenjara, para sipir penjara merasa kebingungan karena al-Hallaj tidak ada dalam sel. Pada malam kedua, bukan hanya al-Hallaj yang hilang, penjara itu sendiri pun hilang. Pada malam ketiga, barulah segala sesuatunya kembali normal.
Para sipir penjara itu bertanya kepada al­ Hallaj, kemana ia pada malam pertama dan kedua? Al-Hallaj menjawab, “Pada malam pertama aku ada di hadirat Allah. Karena itu aku tidak ada di sini. Pada malam kedua, Allah ada di sini, karenanya aku dan penjara ini tidak ada. Pada malam ketiga aku di suruh kembali.”
Al-Hallaj dipenjara selama hampir sembilan tahun. Beberapa hari sebelum
dieksekusi di tiang gantungan, ia berjumpa dengan sekitar tiga ratus narapidana yang ditahan bersamanya dan semuanya dibelenggu. Ia berkata kepada para narapidana itu bahwa ia akan membebaskan mereka semua.
Para narapidana merasa heran, karena al-Hallaj berbicara hanya tentang kebebasan mereka dan bukan kebebasan dirinya sendiri. Al-Hallaj mengatakan kepada mereka, ” Kita semua dalam belenggu Allah di sini. Jika kita mau, kita bisa membuka semua belenggu ini” Kemudian ia menunjuk belenggu­-belenggu itu dengan jarinya dan semuanya pun terbuka. Namun para narapidana masih bingung, bagaimana mereka bisa melarikan diri karena semua pintu terkunci. Al-Hallaj . lalu menunjukkan jarinya ke tembok, dan tiba-tiba terbukalah tembok itu. “Engkau tidak ikut bersama kami?” tanya salah seorang dari narapidana.
“tidak”, jawab al-Hallaj ‘Ada sebuah rahasia yang hanya bisa diungkapkan di tiang gantungan.”
Keesokan harinya, para sipir penjara panik melihat sel kosong dan hanya ada al-Hallaj di sana. Al-Hallaj mengatakan bahwa ia telah membebaskan mereka semua. “Mengapa engkau tidak sekalian pergi bersama mereka?” Tanya sipir penjara
“Dia mencela dan menyalahkanku. Karenanya aku harus tetap tinggal di sini untuk menerima hukuman,” jawabnya.
Sang khalifah yang mendengar percakapan ini berpikir bahwa al-Hallaj bakal menimbulkan kesulitan. Ia kemudian memerintahkan untuk mencambuk atau membunuh al-Hallaj sampai ia menarik kembali ucapannya.
Al-Hallaj dicambuk tiga ratus kali dengan rotan, namun ia tidak bergeming. Bahkan setiap kali cambukan mengenai tubuhnya, terdengar suara gaib berseru, “Jangan takut, putra Manshur.”
Sampai pada akhirnya. Husain ibn Mansur al-Hallaj digiring untuk dieksekusi. Banyak sekali orang berkumpul untuk menyaksikan eksekusi tersebut, dan al-Hallaj berseru lantang kepada mereka; “Haq, Haq, Ana al-Haq” (Kebenaran, Kebenaran, Akulah Kebenaran):
Al-Hallaj berjalan dengan begitu bangga menuju tempat eksekusi. Orang-orang bertanya kepadanya, mengapa ia begitu bangga menerima semua ini. Sang sufi menjawab, “aku bangga karena aku tengah berjalan menuju ke tempat pejagalanku” Ketika dekat dengan tiang gantungan, dengan suka rela ia menaiki tangga sendiri. Seseorang bertanya lagi kepadanya tentang keadaan emosi batinnya pada saat ini. Al ­hallaj menjawab, “Perjalanan spiritual para pahlawan justru dimulai di puncak tiang gantungan ” la kemudian berdoa dan berjalan menuju tiang gantungan.
Beberapa saat kemudian, sahabatnya Syibli, yang hadir di situ tiba-tiba bertanya epada al-Hallaj tentang apa itu tasawuf.

Al-Hallaj menjawab bahwa apa yang disaksikan oleh Syibli saat itu adalah ingkatan tasawuf paling rendah.”Adakah yang lebih tinggi dari ini?” Tanya Syibli lagi. “Kurasa, engkau tidak akan

nengetahuinya,” Jawab al-Hallaj.
Kerumunan orang mulai melempari Al-Hallaj dengan batu, narnun Syibli. melemparinya dengan bunga. Tiba-tiba saja, Al-Hallaj untuk pertama kalinya merasa kesakitan. Seseorang bertanya, “Mengapa engkau tidak merasa kesakitan dilempari batu, tapi lembaran sekuntum bunga justru membuatmu kesakitan?”
Al-Hallaj menjawab, “Orang-orang yang jahil dan bodoh bisa dimaafkan. Sulit rasanya melihat Syibli melempar lantaran ia tahu bahwa seharusnya ia tidak melakukannya”
Sang algojo kemudian memotong kedua tangan al-Hallaj, tetapi ia justru tertawa dan berkata, “Memang mudah memotong tangan seseorang yang terbelenggu. Akan tetapi, diperlukan seorang pahlawan untuk memotong tangan segenap sifat yang memisahkan seseorang dari Allah.” (Dengan kata lain, meninggalkan alam kemajemukan dan bersatu dengan Allah membutuhkan. usaha keras dan luar biasa).
Sang Algojo lantas memotong kedua kakinya. Al-Hallaj lagi-lagi hanya tersenyum dan berkata, “aku berjalan di muka bumi dengan dua kaki ini, aku masih punya dua kaki lainnya untuk berjalan di kedua alam. Potonglah kalau kau memang bisa melakukannya.”
Al-Hallaj kemudian mengusapkan kedua lengannya yang buntung ke wajah sehingga wajahnya berdarah.
“Mengapa engkau mengusap wajahmu dengan darah?” Tanya orang-orang.
Ia menjawab bahwa karena ia sudah kehilangan darah sedemikian banyak dan wajahnya menjadi pucat, maka ia mengusap pipinya dengan darah agar orang jangan menyangka bahwa is takut mati.
Sang algojo kemudian mencungkil mata a1-Hallaj. Orang-orang histeris dan menangis, namun lainnya malah melontarkan sumpah serapah. Setelah itu, telinga dan hidungnya juga dipotong. Sang algojo hendak memotong lidahnya, namun al-Hallaj memohon waktu sebentar untuk mengatakan sesuatu, “Ya Allah, janganlah engkau usir orang-orang ini dari haribaanMu lantaran apa yang mereka lakukan karena Engkau. Segala puji bagi Allah, mereka memotong tanganku karena Engkau semata. Dan kalau mereka memenggal kepalaku, itu pun mereka lakukan karena keagunganMu.” Kemudian ia mengucapkan sebuah ayatAl-Qur’an:

Orang-orang yang mengingkari hari kiamat bersegera ingin mengetahuinya, tetapi orang-orang beriman berhati-hati karena mereka tahu bahwa itu adalah benar.
Kata-kata terakhir al-Hallaj adalah: “Bagi mereka yang ada dalam ketidaksadaran diri, cukuplah sudah satu kekasih.”
Tubuhnya yang terpotong-potong tetapi masih.menunjukkan tanda-tanda kehidupan dibiarkan berada di atas tiang gantungan sebagai pelajaran bagi yang lainnya.
Esoknya, baru sang algojo memenggal kepalanya. Ketika kepalanya dipenggal, al-Hallaj tersenyum dan meninggal dunia. Orang-orang yang menyaksikan histeris tapi, al-Hallaj menunjukkan betapa berbahagia ia bersama dengan kehendak Allah. Dan tiba-tiba saja, secara ajaib setiap bahan tubuhnya berseru,’Akulah kebenaran”, dan setiap tetesan darahnya yang jatuh ke tanah membentuk nama Allah.
Hari berikutnya, mereka yang menentang al-Hallaj memutuskan untuk membakar tubuhnya, karena tubuh yang sudah terpotong-potong tersebut masih saja “menimbulkan masalah” . Setelah dibakar, abu jenazah al-Hallaj bahkan juga berseru, “Akulah Kebenaran.”
Jauh-jauh hari, sebenamya al-Hallaj telah meramalkan kematiannya sendiri dan memberitahu pembantunya bahwa ketika abu jenazahnya dibuang ke sungai Tigris, permukaan sungai akan naik sehingga seluruh Baghdad pun terancam tenggelam. Ia memerintahkan pembantunya menaruh jubahnya ke sungai untuk meredakan ancaman banjir tersebut.
Pada hari ketiga kematiannya, abu jenazahnya memang dibuang ke sungai Tigris. Dan tiba-tiba saja, air sungai naik. Si pembantu al-Hallaj kemudian menaruh jubah sang tuan ke sungai dan permukaan air pun segera surut.
Demikianlah keajaiban pada kematian seorang sufi Husain ibn Mansur al-Hallaj. Tak hanya sampai di situ. Pada suatu hari, seorang tokoh terkemuka mengatakan bahwa ia melakukan shalat sepanjang malam di bawah tiang gantungan al-Hallaj. Saat fajar menyingsing, terdengarlah suara gaib berseru, “Kami berikan salah satu rahasia kami dan ia tidak menjaganya. Sungguh, inilah hukuman bagi mereka yang mengungkapkan segenap rahasia kami.’
Sahabat al-Hallaj, Syibli, juga mengalami hal serupa. Pada suatu malam ia mimpi bertemu dengan al-Hallaj dan bertanya, “Bagaimana Allah menghakimi orang-orang ini?”
Al-Hallaj menjawab bahwa mereka yang tahu bahwasanya ia benar dan juga mendukungnya berbuat demikian, karena Allah semata. Sementara itu mereka
yang ingin melihat dirinya mati tidaklah mengetahui hakikat kebenaran.
Oleh sebab itu, mereka menginginkan kematiannya, kematiannya karena Allah semata. Allah merahmati kedua kelompok ini. Keduanya memperoleh berkah dan rahmat dari Allah.
Al-Hallaj terkenal tidak hanya karena kontroversinya, tetapi juga karena kezuhudannya. Pada usia lima puluh tahun ia mengatakan bahwa ia memilih untuk tidak mengikuti agama tertentu, melainkan mengambil dan mengamalkan praktek apa saja yang paling sulit bagi nafs (ego) nya dari setiap agama. Ia tidak pemah meninggalkan shalat wajib, karena dengan shalat wajib tersebut ia melakukan wudhu jasmani secara sempuma.
Ketika ia mulai menempuh jalan itu, ia hanya mempunyai sehelai jubah tua lusuh yang telah dikenakannya selama bertahun­-tahun. Suatu hari, jubah itu diambil secara paksa oleh seseorang dan diketahui bahwa ada banyak kutu dan serangga bersarang di dalamnya, yang salah satunya berbobot setengah ons.
Pada kesempatan lain, ketika ia memasuki sebuah desa, orang-orang melihat kalajengking besar yang mengikutinya. Mereka ingin membunuh kalajengking itu, namun ia menghentikan mereka seraya mengatakan bahwa kalajengking itu telah bersahabat dengannya selama dua belas tahun.
Meskipun al-Hallaj tidak punya banyak pendukung di kalangan kaum sufi pada zaman itu, namun hampir semua sufi memuji dirinya dan berbagai pelajaran yang diajarkannya. Aththar, dalam karyanya Tadzkirah al-Awliya,menyatakan, “Saya heran bahwa kita bisa menerima semak belukar terbakar (mengacu pada percakapan Allah dengan Nabi Musa as) yang
menyatakan Aku adalah Allah, serta meyakini bahwa kata-kata itu adalah kata-kata Allah, tapi kita tidak bisa menerima ucapan Al-­Hallaj,’Akulah Kebenaran’, padahal itu kata­-kata Allah sendiri”.
Sementara di dalam syair epiknya, Matsnawi, Jalaluddin Rumi mengatakan, “Kata-kata Akulah Kebenaran’ adalah pancaran cahaya di bibir Manshur (al-Hallaj), sementara Akulah Tuhan yang berasal dari Fir’aun adalah kezaliman.”
Dengan caranya sendiri, al-Hallaj telah menunjukkan pada para pencari kebenaran langkah-langkah yang mesti ditempuh sang pecinta agar sampai pada kekasih



No comments:

Post a Comment